Minggu, 10 Februari 2013

Junggle Track Di Pulau Sempu


Junggle Track ke Segara Anakan

Sempu Tracking  

Menuju pulau sempu kita harus menyewa perahu yang mengantar sekaligus menjemput kita di tempat dan waktu yang kita sepakati,ongkos per perahu  Rp 100.000,00 pergi pulang, jangan lupa untuj menyimpan nomor handphone  tukang perahu agar memudahkan kita pulangnya nanti.

Lebih kurang 15 menit kita menyeberang dan  sampailah di pantai pulau sempu,tempat pendaratan ada di antara hutan bakau,bahkan kalau air lagi surut kita harus jalan kaki di laut yang dalamnya selutut kira kira 100 meter,karena perahu tidak bisa menepi,terlalu dangkal.

Ditempat pendaratan kita bisa istirahat sejenak,atau foto foto sambil mempersiapkan diri tracking menuju Segara Anakan di sisi selatan pulau sempu.

Junggle Track kita tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan normal, tidak terlalu jauh, tetapi medan yang naik turun cukup melelahkan juga sehingga harus beberapa kali istirahat sejenak.

Tempat Pendaratan di Pulau Sempu

Keringat terus membasahi tubuh,tetapi terus berjalan dan berjalan hingga dari kejauhan kelihatan air laut yang sangat tenang, ya betul…air laut yang sangat tenang di pantai selatan Jawa yang terkenal ombaknya yang ganas.. itulah segara anakan…akhirnya sampai juga di tempat yang sangat indah, rasa capek seketika hilang berganti suka cita.

View Laut Selatan dari atas Pulau sempu

Segara Anakan merupakan danau yang airnya berasal dari limpahan air laut yang masuk melalui celah karang pantai selatan,dan karena terhalang gunung karang yang besar maka air laut terjebak dan menjadi danau yang tenang dan indah, sesekali deburan ombak besar masuk melalui celah karang merupakan atraksi alam yang sangat indah.

Segera kami merebahkan diri di pasir pantai segara anakan, melepas penat sejenak,tetapi  kemudian kami tak sabar lagi untuk mencebur ke segara anakan. Airnya yang jernih tak berombak dan dangkal sungguh membuat betah berlama lama berendam disana.

Akhirnya setelah puas berenang kami tergoda untuk naik tebing karang untuk melihat pemandangan yang ada di baliknya, dan astaga…sungguh pemandangan pantai selatan yang asli,yang berombak raksasa, sangat indah tetapi juga sekaligus menakutkan, ngeri rasanya melihat ke bawah,tetapi pemandangan yang sangat indah membuat kami betah disana sekaligus  menikmati semilir angin laut yang menyejukkan badan.

Puas menikmati indahnya Segara Anakan dan pantai selatan sempu,akhirnya kami pulang,terbayang harus jalan kali lagi 2 jam……

2 komentar:

  1. Apakah bisa diving/surfing kalau di Sempu?

    BalasHapus
  2. Di segara anakan sempu tidak bisa untuk diving apalagi surfing,perairannya dangkal dan hanya terlihat pasir aja dibawah

    BalasHapus