Kamis, 23 Juli 2015

Inspirasi Lebaran 4 : Piket Nol Sunset,Sunrise atau Outbond

Inspirasi lebaran 4 : Piket Nol Sunset, Sunrise Atau  Outbond ?

“Logika membawa kita dari A ke B, Imaginasi membawa kita kemanapun kita mau…( Albert Einstein).”

Sunrise Di Piket Nol, Di Ambil Dari Perbatasan Pronojiwo-Candipuro
Lho apa hubunngannya dengan piket nol?

Teman teman dari Lumajang pasti nggak asing dengan tempat ini, dan sepertinya dari dulu nggak ada perubahan yang signifikan, kecuali pembangunan tower telkom di sisi utara jalan, secara pariwisata  boleh dikatakan jalan ditempat bahkan tidak seramai dulu,sering  hanya dipakai sebagai rest area saja, bukan begitu?...Lalu apa..?

Kabut Pagi Di Lembah, View Arah Pantai  
Sekedar bernostalgia, dulu sekali, kalau kita ke Piket Nol biasanya sering diikuti oleh orang orang yang mungkin dari penduduk sekitar,pria atau wanita bahkan anak anak, mereka selalu  membawa parang atau arit yang tajam mengkilap, ngeri memang…tapi sebetulnya nggak apa apa karena memang begitulah kebiasaan mereka sehari hari. Nyatanya juga nggak pernah dilaporkan kejadian yang aneh aneh, mudah mudahan sekarang hal begini sudah nggak ada lagi.

Kelok Cantik Di Batas Pronojiwo-Candipuro
Lalu apakah ada yang salah?  Nggak ada……dan memang bukan itu yang kita cari, saya hanya mencoba ber-imagine, apa sih yang dapat kita nikmati di Piket Nol ?

Posisi tempat ini sangat  strategis, berada di puncak bukit dengan  hutan menghijau, dari sana kita bisa melihat indahnya gunung semeru sekaligus cantiknya garis pantai laut selatan serta  lembah yang menghampar..sempurna bukan? sejenak saya terbayang bukit Kintamani di Bali, bedanya di Piket Nol nggak ada view seperti  Danau Batur yang indah itu, tapi justru kelebihan Piket Nol yang tidak dimiliki Kintamani adalah view nya kearah laut selatan, jauh lebih menakjubkan.

Imajinasi saya juga melayang membayangkan  di Piket Nol ada wahana  outbond yang professional, ada flying fox dan juga  ada beberapa spot di puncak bukit untuk menikmati pemandangan, ada lokasi untuk berkemah dan yang paling penting tersedia beberapa toilet yang sangat bersih, jujur saja untuk hal satu ini merupakan  kekurangan di banyak tempat wisata kita, ada sih beberapa tersedia toilet tapi kebanyakan kurang bersih dan bau.Ingatlah bahwa seberapa bersih toilet kita mencerminkan siapa kita.

Mentari Menyembul Jauh Di Atas Gunung Raung, View Dari Piket Nol
Lalu apa sebenarnya kekuatan tempat ini yang bisa kita nikmati?  jawabannya adalah sunrise dan sunset, ya…dari tempat ini sesungguhnyalah sangat sangat indah jika kita menikmati sunrise ataupun sunset.

Sunrise dengan latar belakang gunung raung dan argopuro memberikan view yang sangat indah, demikian pula dengan sunset  yang terbenam di perbukitan kaki semeru dengan lembah di latar depannya, pasti memberikan kesan yang indah bagi adventurer.

Vegetasi Cantik Di Piket Nol
IMHO..Yang perlu dilakukan terhadap Piket Nol ini adalah rebranding dan repositioning. 

Rebranding dengan cara memantapkan image Piket Nol sebagai tujuan wisata adventure yang komplit, menarik,aman dan nyaman. 

Repositioning dengan menata diri dan fokus bahwa kalau ingin menikmati sunrise atau sunset yang indah maka Piket Nol  lah tempat yang paling tepat. CMIIW

Jadi untuk Piket Nol apa yang menarik? Sunrise? Sunset? Outbond?.......ketiga-tiga nya deh...


It's just my opinion, bagaimana pendapat Anda?.... semoga bisa menjadi inspirasi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar