Kamis, 10 Maret 2016

GMT 9 Maret 2016,Penampakan Gerhana Dari Kabupaten Malang,Jawa Timur


Bersyukurlah bagi yang daerahnya dilintasi gerhana matahari total 9 Maret 2016 ini, namun bagi yang tidak terlintasi, seperti daerah saya di Kendalpayak  Pakisaji  Malang Jawa Timur, setidaknya masih bisa menyaksikan sebagian dari peristiwa istimewa itu.

Sebelumnya pada tiga hari menjelang gerhana muncul cincin pelangi di sekitar matahari kira kira pada pukul 10:00 WIB, moment ini seakan mengiringi akan terjadinya peristiwa langka itu.

Inilah penampakannya





Untuk mengabadikan peristiwa gerhana ini, saya mempersiapkan halaman rumah saya sebagai area pemantauan.

Sehari sebelum peristiwa  saya persiapkan kamera,tripod,filter kamera yang saya bikin sendiri dari bekas roll film rusak,  juga kacamata khusus buatan sendiri dari bahan yang sama.

Dan pada hari H tripod sejak habis subuh sudah terpasang, kursi untuk memantau sudah pula saya persiapkan dan tentu saja ditemani wedang jahe plus tahu goreng.

Ini adalah penampakan matahari pagi sekitar jam 6 pagi sebelum gerhana,tertutup mendung sebagian hingga membuat ketar ketir.







Uniknya juga apa yang saya lakukan ini mengundang keinginan para tetangga untuk turut menyaksikan detik detik gerhana, maka jadilah area halaman saya menjadi area nonton bareng  GMT 2016.

Berikut ini situasi matahari menjelang gerhana, matahari mulai tertutup mendung hingga beberapa menit saat setelah fase awal terjadinya gerhana.







Setelah sekian menit menunggu alhamdulillah langit mulai cerah lagi dan semakin jelas melihat gerhana, terlihat bayangan bulan muncul dari arah atas.











Bayangan bulan nampak semakin memenuhi matahari ke arah bawah tetapi masih menyisakan sinar matahari sabit.






Sepertinya inilah puncak dari peristiwa ini,jika saja daerah saya ini termasuk yang dilintasi GMT maka inilah saat saat bumi menjadi gelap tertutup bayangan bulan.










Inilah hasil foto terbaik saya hari itu...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar